PANEN PADI M70D VARIETAS PADI UNGGULAN, WAKIL BUPATI BULELENG APRESIASI DEMPLOT DI SUBAK BUWUG

Ni Luh Made Fitri Yudiastuti 16 November 2020 00:17:49 WITA

Buleleng (13/11/2020), seiring perkembangan teknologi, tanaman padi pun mengalami perkembangan pesat dalam varietasnya. Padi M70D merupakan varietas padi unggulan, hal ini karena padi umumnya baru bisa panen setelah 105 hari, namun padi jenis ini sudah bisa di panen dalam kurun waktu 70 hari. Made Dana, salah satu krama Subak Buwug yang sekaligus menjabat sebagai Kelian Subak menjadi petani contoh (DEMPLOT) yang menanam padi varietas jenis baru di Subak Buwug Desa Sarimekar.

Dalam panen perdana padi jenis M70D tersebut, hadir Wakil Bupati Buleleng, dr. I Nyoman Sutjidra, Sp.Og selaku Dewan Pembina HKTI Kabupaten Buleleng, didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng beserta rombongan. Dalam sambutannya beliau memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap krama Subak Buwug atas antusiasnya mengembangkan jenis padi M70D tersebut. Hal ini jelas merupakan kabar baik bagi petani yang memiliki areal persawahan yang tadah hujan/kesulitan air irigasi. Padi M70D telah terbukti mampu memberikan hasil optimal meskipun ditanam pada areal persawahan yang kesulitan air irigasi seperti pada Demplot di Subak Buwug ini. “Semoga bisa menjadi Lumbung pangan Kabupaten Buleleng.” ungkapnya.

Sebagai tindak lanjut diharapkan subak buwug bisa bekerja sama dengan lembaga terkait dalam pengelolaan hasil panen sehingga mendapat nilai jual yang sesuai standar utk meningkatkan kesejahteraan petani. Perlu adanya gerakan berkesinambungan dalam hal ini subak yang dinaungi oleh HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Kabupaten Buleleng bekerja sama dengan Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Buleleng agar bisa menyediakan benih padi M70D kepada para petani Buleleng.

Kelian Subak Buwug, Made Dana didampingi oleh seluruh kelian subak di wilayah Desa Sarimekar beserta aparatur Pemerintah Desa Sarimekar menyambut baik apresiasi ini dan bisa menjadi Demonstration Plot (Demplot) penanaman padi M70D yang cukup mejanjikan bagi para petani.

Menurut Made Dana Padi M70D cukup menjanjikan bagi peningkatan hasil produksi pertanian dan juga pendapatan petani tentunya. Ke depan, kita berharap pemerintah daerah melakukan pengembangan untuk padi M70D ini, karena hasilnya sangat memuaskan

“Terkait hasil panen di Subak Buwug bisa mencapai 5 ton per hektar walupun dengan kondisi kurang air. " sebutnya.

Dinas terkait diharapkan mampu membawa para petani di buleleng menjadi petani yang tangguh dalam rangka optimalisasi lumbung pangan baik dari segi pembibitan, pemeliharaan sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan petani ditengah pandemi covid19.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng I Made Sumiarta Bersama HKTI Buleleng akan mengupayakan ketersediaan benih kepada petani di Kabupaten Buleleng. Jika antusiasme petani Buleleng tinggi untuk menanam padi M70D, maka dapat mendukung kebijakan Pemerintah Kabupaten Buleleng yang menempatkan sektor pertanian sebagai prioritas pembangunan.

"Agar informasi ini tersebar kepada masyarakat petani. Termasuk juga nanti bibitnya, akan kita sebar. Baik bibit untuk kelas penangkar, maupun bibit untuk kelas tanam," katanya. Berbagai upaya akan terus dilakukan pemerintah daerah untuk kemajuan sektor pertanian di Kabupaten Buleleng. Termasuk salah satunya dengan menyediakan bibit unggul bagi petani.

"Kita akan lakukan kerja sama untuk pengembangan bibit padi M70D ini. Harapan kita ke depan, bagaimana produksi pertanian terus meningkat, perekonomian petani bisa jauh lebih baik, dan Kabupaten Buleleng menjadi salah satu lumbung pangan nasional. Itu tekad kita," sebutnya.

"Ini produksinya luar biasa. Belum pernah produksi padi di Dharmasraya sebesar itu. Jadi memang ini perlu kita kembangkan bersama, untuk mewujudkan kemandirian dan ketahanan pangan daerah. Kita harap, masyarakat petani juga mendukung upaya ini," tandasnya.

 

Komentar atas PANEN PADI M70D VARIETAS PADI UNGGULAN, WAKIL BUPATI BULELENG APRESIASI DEMPLOT DI SUBAK BUWUG

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Infografis LPJ APB Desa

Infografis APBDes

Lokasi SARIMEKAR

tampilkan dalam peta lebih besar